Pages

Senin, 09 April 2012

Schedulling ( penjadwalan)


1.      Jelaskan fungsi schedulling (penjadwalan) long dan short!
·         Fungsi schedulling (penjadwalan) long adalah
1.      Untuk memilih proses dari pool dan menyimpan ke memory.
2.      Long term scheduler tidak sering mengekskusi, digunakan hanya jika proses meninggalkan sistem.
·         Fungsi schedulling (penjadwalan) short adalah
1.      Untuk memilih di antara proses yang siap diekskusi dan salah satunya dialokasikan ke CPU.
2.      Untuk memilih proses baru untuk CPU, proses dieksekusi hanya beberapa milidetik sebelum menunggu I/O.
2. Jelaskan perbedaan algoritma FIFO (First In First Out) dengan SJF (Shortest Job First)!
·         Algoritma FIFO (First In First Out) 
            Ialah algoritma penjadwalan tidak berprioritas. Algoritma ini merupakan algoritma yang paling sederhana. Proses yang meminta CPU lebih dulu akan dilayani CPU lebih dahulu pula. Implementasi FCFS mudah diatur dengan antrian FIFO (First In First Out). Ketika proses memasuki antrian, proses ini disambungkan dengan ekor dari antrian dan menjadi ekor yang baru. Jika CPU sedang bebas tugas, maka CPU akan dialokasikan untuk proses yang berada di awal antrian. Proses tersebut lalu dikeluarkakn dari antrian.
Penjadwalan FIFO , yaitu :
·                        - Proses-proses diberi jatah waktu pemroses berdasarkan waktu kedatangan.
                         - Pada saat proses mendapat jatah waktu pemroses, proses dijalankan sampai
                           selesai.

·         Algoritma SJF (Shortest Job First)
Ialah penjadwalan tidak berprioritas dan Non Preventive. Maksud Non Preveentive disini ialah ketika proses diberi jatah waktu penggunaan prosessor maka processor tidak dapat diambil proses lain, sampai proses tersebut selesai di eksekusi. Penjadwalan ini mengasumsikan waktu jalan proses sampai selesai diketahui sebelumnya. Mekanismenya adalah menjadwalkan proses dengan waktu jalan terpendek lebih dulu sampai selesai, sehingga memberikan efisiensi yang tinggi dan turn around time rendah. Dalam artian waktu yang digunakan saat program (job) mulai masuk ke system sampai proses diselesaikan system, membutuhkan waktu yang singkat. Shortest Job

First (SJF) bisa dikatakan algoritma penjadwalan yang optimal dengan rata-rata waktu tunggu yang minimal.
Shortest Job First menelaah setiap job berdasarkan lamanya waktu CPU untuk pengerjaan proses berikutnya. Ketika CPU siap dipakai, maka akan diberikan kepada job yang memiliki waktu pengerjaan paling sedikit. Jikaa dua job mempunyai waktu pengerjaan yang sama, FCFS digunakan, berarti yang datang lebih dulu akan dilayani.
Shortest Job First telah terbukti optimal dalam hal perolehan waktu tunggu rata-rata yang paling minimum dari beberapa job. Keadaan ini dicapai dengan memindahkan job pendek dalam antrian sebelum job yang panjang sehingga mengurangi waktu tunggu job pendek lebih banyak daripada penambahan waktu tunggu dari job panjang.
Kesulitan dengan Shortest Job First adalah dalam hal yang berkaitan dengan penentuan lamanya pengerjaan job yang masuk berikutnya. Salah satu cara yaitu dengan mendorong pemilik job (tertama untuk job panjang) agar memperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan jobnya.


0 komentar:

Posting Komentar