Pages

Minggu, 15 April 2012

Sastra Lama


CERITA TENTANG ASAL-USUL MALIOBORO

            Malioboroadalahsalahsatuobjekwisata di daerahsaya, yaitu Yogyakarta.Malioboromerupakanjantungkotadansepagaipusatperbelanjaanterlengkap di kota Yogyakarta. Banyakdepartment storedantoko-tokokecil yang meramaikanobjekwisatatersebut.Malioborojugamempunyailegendaatauasal-usulterciptanyanamaMalioboro.
            DahulukerajaanMataramdikenalsebagaikerajaan yang berwibawa.Kerajaaninitermasuksalahsatunegeri di Nusantara yang belumpernahtundukkepadapenjajahBelanda.Namunbukanberartitidakadamasalah di dalamkerajaanitu.Perpecahan hamper sajaterjadiketikaMataramdiperintaholehPakubuwana. Sultan Pakubuwanadikenaladildanbijaksanadalammemegangpemerintahan.
            Di sampingitu, beliausangatdekatdenganrakyat.Olehkarenaitu, selurhrakyat pun patuhdantaatpadapemerintahan Sultan.PemerintahBelandamerasagerahmelihatadasebuahkerajaan yang amatdamai.Belandainginmengacaukankerajaanitu.Untukmencapaitujuannya, Belandamencobamenghasut Sultan PakubuwanadanPangeranMangkubumi, pamannya.Sementaraitu, keduanyatidaksadarbahwamerekasedangdiadudomba.
            Belandamemangsangatlihaimengadudomba.Perselisihanantara Sultan denganPangeransemakinharisemakinmeruncing. Hinggameletuslahperangantarapengikut Sultan PakubuwanadanpengikutPangeranMangkubumi.Dalamperangitu, PangeranMangkubumimempunyaiseorangpanglimaperang yang amemilikipusaka yang amatsakti, sebuahtombak.Dengantombakitulahiabisamengalahkan ,usuh-musuhnya.
            Setelahperangusai, keduanyabarusadar, ternyataselamainimerekatelahdiadudombaolehBelanda.Olehkarenaitu, merekasepakatmengadakanpertemuan.Berhari-harimerekamengadakanpertemuan. Dari hail pertemuanitu, lahirlahbeberapaketentuan yang merekasepakati. Salhsatu di antaraketentuan yang merekasepakatiadalahkerajaandibagimenjadidua, yaituKasultananSurakarta danKasultanan Yogyakarta.Yogyakarta di bawahkekuasaanPangeranMangkubumidegangelar Sultan Hamengkubuwana 1.Sementaraitu, Kasultanan Surakarta di bawahkekuasaan Sultan Pakubuwana.Meskisdemikian, merekatetapbersatu.
            Perangtelahusai, suasanaberangsuraman.Para perajuritKasultanan Yogyakarta, kembalike Yogyakarta.BegitujugaperajuritSurakarta ,kembalike Surakarta.
            Perajurit Sultan Hamengkubuwanatiba di Yogyakarta padasaatharitelahmalam.Ketikaitu di sepanjangjalanantaratugusampaidenganalun-alunbelumadalampupenerangan.Balatentara Sultan Hamengkubuwanaberjalanramai-ramaisambilmembawaobor.Dalamperistiwakepulangan Sultan HamengkubuwanaitulahlahiristilahMalioboro, jalan yang penuhobor.SekarangistilahMalioboroitulahdiabadikansebagainamajalanantaraStasiunTugusampaiAlun-alun Utara. Dan Malioborohinggasaatinisemakinramaidenganangkutankota an dijadikansebagaipusatperbelanjaanumum.

0 komentar:

Posting Komentar